Total Tayangan Laman

Kamis, 21 Juni 2012

cara mengistall ubuntu melalui flashdisk

Cara menginstall ubuntu melalui flashdisk
 Netbook sekarang rata2 tidak memiliki DVD/CD-ROM, menginstall operating sistemnya harus menggunakan external DVD/CD-ROM, atau memakai media lain seperti USB flashdisk atau biasa dipanggil PenDrive. Untuk menginstall ubuntu linux dengan memakai flashdisk ada beberapa cara, kali ini saya akan memaparkan 2 cara menginstall linux yang telah saya coba dan berhasil.
1.    Cara menginstall linux ubuntu ke flashdisk menggunakan program UNetbootin.
2.    Cara menginstall linux ubuntu ke flashdisk menggunakan program USB-creator.
Cara menginstall ubuntu menggunakan program UNetbootin, Download tersedia Windows dan Linux (download link diakhir artikel). Pengunaannya tidak terlalu sulit, cukup siapkan Flashdisk dan source cd ato file .iso ubuntu anda, jika belum punya ubuntu silahkan Download dulu ubuntu nya (download link diakhir artikel) lalu ikuti petunjuk2nya. klik2 lalu selesai. 

UNetbootin juga bisa dipakai untuk memasukkan utility lain ke flashdisk seperti: Parted Magic, SystemRescueCD, Super Grub Disk, Dr.Web Antivirus, F-Secure Rescue CD, Kaspersky Rescue Disk, Backtrack, Ophcrack, NTPasswd, Gujin, Smart Boot Manager (SBM), FreeDOS.
Cara menginstall linux ubuntu menggunakan program USB-creator, cukup sediakan flashdisk setidaknya berkapasitas 2GB dan disk ubuntu atau file .iso ubuntu.

Dilinux Ubuntu USB desktop image creator ada didalam paket usb-creator, usb-creator-kde dalam Kubuntu, atau usb-creator-gtk diversi 9.10.
Dari dikeluarkannya versi 8.10 (versi 9.10 untuk Kubuntu), Ubuntu sudah ada program usb-creator sudah ada dalam LiveCD dan instalasinya.
Kita bisa menjumpainya di System–>Administration–>Create a USB startup disk (Ubuntu Desktop) atu K-Menu–>Applications–>System–>USB Startup Disk Creator (Kubuntu), kalo tidak ada coba jalankan perintah di Terminal :
sudo apt-get install usb-creator
Jika menggunakan Live-Cd, pastikan software-source nya diaktivkan (software sources atau sudo gedit /etc/apt/sources.list). Mungkin juga kita perlu menginstall paket python-gnome2.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar