Total Tayangan Laman

Selasa, 05 Juni 2012

BERFIKIRAN DAN BERSIKAP POSIF

BERSIKIRAN DAN BERSIFAT POSITIF
Informasi yang tidak relevan atau tidak terbukti dapat melahirkan prasangka yang hanya menduga – duga dan melakukan penilaian tanpa melihat akar permasalahan yang ada. Prasangka melahirkan pandangan – pandangan (biasannya negatif) terhadap orang , kelompok, sukuatau bangsa lain yang belum terbukti kebenarannya. Menurut HILDEGARD dan FISCHER ada beberapa ciri khas prasangka, yaitu:
1.    Berupa penilaian negative terhadap orang lain.
2.    Merupakan kesimpulan yang kebenaranya tidak dibuktikan terlebih dahulu.
3.    Kesimpulan tersebut dianggap berlaku bagi setiap anggota suatu kelompok tertentu.
4.    Kesimpulan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga seolah – olah sulit berubah dan akan berlaku sampai kapanpun juga.
Prasangka dapat menimbulkan kebencian terhadap orang atau kelompok tertentu. Tanpa bukti dan kebenaran seseorang dapat menuduh orang sombong dan prasaan diri lebih dari pada kelompok lainnya bahkan dapat menyebabkan perpecahan dari kelompok kecil sampai perang antara Negara.
Prasangka identik dengan pikiran negatif.

    BERFIKIRAN POSITIF
        Menurut REMEZ SASSON (dalam the power of positive thing king)
   Berfikir positif adalah sebuah sikap mental yang mencerminkan pemikiran, perkataan dan gambaran yang memiliki seseorang itu selaras dengan pertumbuhan, perkembangan, dan kesuksesan yang ingin dicapai. Sikap mental ini mengharapkan adanya hasil yang baik atas usaha yang dilakukannya, dengan kata lain, pikiran positif mengharapkan adannya kegembiraan, kesenangan, kesehatan dan kesuksesan dari sikap situasi maupun tindakan yang dilakukan
Orang yang berfikiran positif berarti ia berfikir secara benar.


CIRI CIRI BERFIKIR POSITIF
1.    Memiliki hal – hal yang penting dan yang tidak penting
Perasaan diri lebih dari pada kelompok lainnya, bahkan dapat menyebabkan perpecahan dari kelompok kecil sampai perang antar Negara
Prasangka identik dengan pikiran negatif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar