Total Tayangan Laman

Jumat, 08 Juni 2012

CARA MEMBUAT WAJAN BOLIC

Wajanbolic atau dalam bahasa Inggris wokbolic adalah antena yang dibuat dengan bahan utama wajan penggorengan. Wajanbolic yang pertama kali digagas oleh pak Gunadi dan dipopulerkan oleh kang Onno W Purbo memang fenomenal. Paling sering digunakan untuk RT/RW net atau hotspot wifi dengan frekuensi 2,4 GHz yang memang bebas alias free. Namun tak hanya untuk frekuensi 2,4 GHz saja karena antena ini bisa dimodifikasi sebagai penangkap sinyal 3G GSM maupun CDMA.

Perbedaan mendasar dari ketiganya adalah frekuensi yang digunakan sehingga perhitungan untuk bahan berbeda, modem yang digunakan juga berbeda. Modem ini yang kemudian dipasang di antena penerima. Saya berusaha mengumpulkan teori pembuatan wajanbolic jika sewaktu-waktu dibutuhkan tidak terlalu pusing mencari di google.

Perlu diperhatikan yaitu perbedaan antena penerima dengan antena penguat sinyal. Antena penerima membutuhkan modem penerima yang dipasang pada antena (wajan, kaleng atau yang lainnya). Sedangkan antena penerima penguat sinyal tidak memerlukan modem terpasang di antena. benar nggak sih .

Untuk CDMA 1900 MHz kemungkinan masih sulit mencari modem yang murah, jika tak keberatan bisa saja HP dipasang di antena . Nah yang pertama kali wajib dipelajari yaitu tentang wajanbolic e-goen, dan teori tentang wajanbolic 3G GSM.

Mengutip tulisan pak Gunadi, yang dibutuhkan dalam pembuatan antena ini adalah dana dan nyali . Link untuk mempelajari pembuatan antena wajanbolic CDMA tertulis di bawah dan sudah ada yang mempraktekkannya.







Cara membuat wajan bolic




Material Untuk Membuat Wajanbolic e-goen dengan modem GSM/ CDMA



Ikatkan Modem pada sikaon yangterbuat dari plastik dan beri lobang
di bagian sisinya untuk tempat sekrup



seperti ini bentuknya Modem yang telah terpasang



tutup paralon/dop dilapisi dengan alumunium foil













Siap dipasang di atas ge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar